Selain Sehat dan Menyegarkan Nyatanya Lemon juga punya Banyak Manfaat buat rumahmu! Sediakan Selalu ya dirumah

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Anda mungkin selama ini memanfaatkan buah lemon hanya untuk memasak, jus, atau sebagai campuran minuman. Ternyata, Anda juga bisa menggunakan buah lemon untuk beragam keperluan rumah tangga.

Dikutip dari laman marthastewart.com, buah lemon bisa digunakan untuk menghilangkan bau, membersihkan noda baju, perkakas dapur, juga membersihkan ruangan di rumah.

Menyegarkan Udara

Apakah Anda masih suka menyemprot rumah dengan pewangi ruangan? Meski  praktis digunakan, namun pewangi seperti ini mengandung bahan kimia yang akan berpengaruh buruk pada kesehatan Anda.

Untuk pewangi alami, Anda cuma perlu memotong lemon menjadi beberapa potongan tipis, masukkan ke dalam wadah berisi air, dan tambahkan segenggam cengkeh. Semprotkan cairan teersebut dan bau tidak sedap di ruangan Anda akan hilang dan berganti dengan wangi lemon nan segar.

Memoles Wajan

Celupkan potongan buah lemon ke dalam garam kasar, kemudian gosokkan ke bagian wajan yang bernoda. Maka noda di wajan akan hilang dan terlihat seperti baru.

Membuat Pakaian Putih semakin Putih

Lupakan pemutih pakaian. Isi panci besar dengan air, tambahkan beberapa potong lemon dan didihkan. Matikan kompor, masukkan pakaian putih ke dalam panci dan rendam selama satu jam. Setelai selesai, kucek pakaian, bilas dan keringkan seperti biasa.

Menghilangkan Noda di Pakaian

Ada Noda yang sulit dihilangkan di pakaian Anda? Coba cara berikut: tuangkan perasan air lemon di bagian noda selama satu jam. Jika noda masih menempel, buat pasta dari air dan baking soda, kemudian gosok perlahan. Cara ini baik digunakan untuk menghilangkan noda kopi, the, dan stroberi.

Memperlambat Buah Teroksidasi

Beberapa daging buah seperti apel dan alpukat akan teroksidasi hingga berubah warna menjadi cokelat bila terpapar udara luar. Anda bisa memperlambat proses ini dengan memberikan perasan lemon ke buah tersebut.

Membersihkan Papan Talenan

Ketika memotong bawang putih atau bawang bombay di papan talenan, terkadang baik noda maupun baunya masih tertinggal di papan tersebut. Untuk membersihkan dengan cara alami, potong lemon dan gosokkan di bagian permukaan. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air.

Sanitasi Tempat Sampah

Ketika bau tidak sedap melekat di tempat sampah di rumah Anda, coba teteskan buah lemon dan campurkan dengan satu sendok makan baking soda. Perpaduan ini akan menghilangkan bau dengan segera.


Membersihkan Benda Tajam dengan Aman

Daripada membersihkan pisau dengan spons biasa, yang terkadang sangat berbahaya, peras buah lemon di permukaan pisau dan percikkan dengan garam kasar. Bilas dengan air, keringkan untuk menghindari karat.

Membersihkan Rumah

Buat pasta pembersih dengan mencampurkan setengah gelas baking soda dengan sabun pencuci piring. Ratakan campuran bahan ini di atas setengah buah lemon dan gunakan untuk menggosok wadah seperti baskom, bahkan bak mandi dan tempat mencuci piring.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90