Apakah anda Sering merasa jenuh...? berikut adalah 10 kebiasaan yang bisa membahagiakan

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280


"Saya yakin tujuan utama dari hidup kita adalah mencari kebahagiaan."

Kutipan dari Dalai Lama itu maknanya dalam. Setiap orang pasti ingin bahagia.

 Pertanyaannya: apa dan bagaimana meraihnya. Menurut Dalai Lama kebahagiaan tidak datang sendiri, kebahagiaan datang dari perbuatan kita. Kebahagiaan berawal dari diri sendiri.

Kebahagiaan selalu menjadi topik menarik. Majalah TIME pada Juli 2013 menurunkan topik utama soal mengejar kebahagiaan. Berbagai riset dan survei pun dilakukan mencari kunci dan makna kebahagiaan. Huffington Post melansir ada 8 hal penting yang kita pelajari soal kebahagiaan dalam 10 tahun terakhir.

Bila Anda ingin bahagia sebenarnya sederhana saja. Joelle Nanula menulis di Elite Daily tentang 10 kebiasaan yang bisa menjernihkan pikiran dan ujungnya menjadikan Anda bahagia.

1. Kebersihan tempat Anda tinggal

Kebersihan tempat tinggal Anda sangat mempengaruhi kejernihan pikiran. Jika ruangan Anda bersih dan rapi, maka sama dengan pikiran Anda.

2. Singkirkan barang yang tak perlu

Serius, Anda perlu melakukannya. Memang awalnya sulit, Anda punya kenangan terhadap setiap barang yang Anda miliki. Oke, mungkin Anda bisa memilih mana barang yang paling Anda sayang. Anda bisa buang benda yang yang sudah tidak terpakai.

3. Jangan beli barang yang tidak Anda butuhkan

Bila Anda menghabiskan uang untuk barang yang tidak Anda butuhkan maka percuma saja. Saat Anda membeli barang bagus untuk diri Anda sendiri jadi tidak ada maknanya. Dan Anda perlu mengatur keuangan lebih baik.

4. Selektif memilih teman dalam hidup Anda

Anda memiliki beberapa teman dekat yang membuat Anda nyaman? Pertahankan. Jadikan mereka teman selamanya. Anda tidak perlu berteman dengan orang yang menguras energi Anda apalagi membuat suasana hati Anda tidak nyaman.

Berteman dengan orang yang membuat Anda nyaman maka akan menghasilkan energi positif.

5. Makan makanan sehat

Ini bukan untuk membuat Anda langsing, tapi untuk kepentingan tubuh Anda. Makanan sehat penting agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Makan makanan sehat akan memberikan energi yang baik. Namun tak berarti Anda dilarang makan makanan yang dianggap tidak sehat, coba lebih imbang saja dalam hidup.

Yang pasti, Anda harus mengetahui dampak makanan yang Anda konsumsi untuk kesehatan.

6. Olahraga

Hormon endorfin adalah sumber utama kebahagiaan. Pilih dan lakukan olahraga yang cocok dan Anda sukai. Anda akan lebih bahagia, tubuh sehat dan Anda akan takjub dengan diri Anda.

7. Luangkan waktu untuk sesuatu yang menggairahkan

Lakukan apa yang membuat Anda bergairah. Bersyukurlah bila pekerjaan Anda saat ini sesuatu yang membuat Anda bergairah. Bila tidak, maka Anda harus lakukan. Misalnya, Anda bergairah terhadap musik, maka bermusiklah. Ini akan berdampak besar, meski Anda mungkin tidak akan menjadi musisi terkenal.

8. Bersihkan dan isi kalender

Terlalu banyak atau terlalu sedikit hal yang dikerjakan mempengaruhi kesehatan mental. Jika terlalu sibuk maka Anda tidak memiliki waktu untuk diri sendiri. Ini akan menghambat Anda belajar dan berkembang sebagai individu.

Sebaliknya, bila Anda memiliki banyak waktu luang, maka Anda akan memikirkan semua hal dalam hidup ini.

Coba buat jadwal yang seimbang, produktif dan inspiratif. Mungkin kadang Anda akan bosan. Tapi tidak ada salahnya jika Anda mencobanya.

9. Isi hidup Anda dengan sesuatu yang memiliki arti

Bila Anda suka berkebun mungkin Anda bisa membeli pohon buah-buahan. Anda pasti senang saat pohon Anda berbuah. Jika Anda suka ikan, Anda bisa membuat kolam atau membeli aquarium. Anda akan bahagia saat memberi makan ikan atau melihat ikan-ikan itu tumbuh besar.


10. Yoga

Coba untuk memulai yoga. Yoga memiliki banyak manfaat, di antaranya membuat awet muda, meningkatkan imunitas, menghancurkan lemak dan menurunkan tekanan darah.

Selain 10 hal ini tentu saja jangan lupa selalu tersenyum.




 Oleh : Poernomo G. Ridho @pgridho|
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90