Resep mantap Sambal Okra nikmat dan antik

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280



Okra, Lady’s Finger, Kacang Bendi, Gumbo, adalah jenis tumbuhan aneh yang tidak pernah masuk dalam kamus perkulineran saya. Pernah dengar tapi tidak pernah makan.

Sampai, saya melihatnya di kios sayur di pasar. Lalu, seperti biasa, saya google-lah si okra ini. Hasilnya, okra ternyata cukup populer. Bahkan, jadi signature dish daerah tertentu.

Masakan ini adalah Sambal Okra Cumi, yang resepnya mirip dengan sambel terong/balado. Cuminya bisa diganti udang, ebi, dll.

Okra ini cenderung berlendir. Saya ga masalah dengan lendirnya. Tapi next time, pasti saya akan coba minimalkan lendirnya. Misal dengan di-blanch lebih dulu okranya, atau dibiarkan utuh atau ditumis sebentar saja.

Bahannya:

– cumi 1/4 kg –> potong2, goreng
– okra 10 bh –> potong2, dibiarin utuh juga ok
– terasi 1 sdt
– cabe (sesuai selera)
– sereh 1 btg
– bwg merah 6sg
– bwg putih 2 bh
– saus ikan
– garam, gula (saya pake gula merah)

Haluskan bawang merah+putih+terasi. Tumis dengan sereh sampai harum. Masukkan garam, gula merah, saus ikan. Masukkan cumi yang sudah digoreng. Terakhir masukkan okra, tumis dengan cepat.

















ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90