Bagi anda yang tidak suka minum susu, barangkali harus mencoba 5 asupan pengganti susu berikut ini...!

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280



Namun susu kerap memicu perdebatan. Mulai dari susu untuk bayi, hingga perlukah orang dewasa minum susu.

Reputasi susu dipertanyakan. Karena ada penelitian yang menyatakan susu tak menjadikan kondisi tulang orang dewasa lebih kuat. Malah ada buku yang bilang susu sapi bikin tubuh tekor kalsium.

Kompas pernah menulis bahwa susu bukan lagi si lima sempurna. Ahli pangan dari Universitas Cornell, David Levitsky menyatakan, "Ini adalah makanan yang baik, tapi susu tak perlu dipandang sebagai makanan ajaib."

Faktanya, kalsium merupakan mineral yang penting untuk tubuh. Ia memperkuat tulang dan menjaga fungsi tubuh. Misal ritme jantung, komunikasi syaraf, serta kontraksi dan pelepasan otot.

Nah, selain susu ada lima asupan yang tak kalah kaya kandungan kalsiumnya. Food Matters melansir, asupan ini dapat kita konsumsi sebagai alternatif susu.

Daun hijau gelap

Brokoli, bayam, daun pepaya, daun singkong, kale, dan sayuran berdaun hijau gelap lain sarat kalsium. Sekitar 40% hingga 60% kandungan kalsium di dalamnya mampu diserap tubuh.

Mineral magnesium adalah padanan yang tepat bagi sayuran hijau ini. Keduanya diperlukan untuk penyerapan sempurna.

Almond

Kacang-kacangan ini lezat, gurih, garing. Agak mahal namun bisa jadi pilihan kudapan yang tepat. Selain itu, almond juga kaya protein, vitamin E, potasium, dan magnesium. Kandungan gulanya pun rendah.

Tofu dan tempe

Tofu mengandung 350 miligram kalsium per 100 gram penyajian. Ini merupakan alternatif yang baik bagi para vegetarian dan vegan. Sisipkan dua menu ini bergantian pada makanan Anda sehari-hari. Selain terjangkau, dua bahan makanan ini pun mudah ditemui. Anda juga bisa mengolahnya dengan berbagai cara.

Edamame

Kedelai Jepang ini menyimpan banyak manfaat baik. Edamame merupakan sumber vitamin B, tembaga dan fosfor. Makanan ini juga bisa membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Mengolahnya pun mudah cukup direbus atau dikukus, taburkan sejumput garam laut untuk penambah rasa jika Anda suka. Jadilah kudapan sehat berkalsium tinggi.

Susu (sari) beras

Dikenal juga dengan susu beras atau rice milk. Susu beras menyediakan 30% hingga 40% dari asupan kalsium harian per sajian. Susu beras juga merupakan alternatif baik bagi para penderita alergi laktosa.

Selain itu, minuman sehat ini bebas lemak dan kolesterol, sehingga menyehatkan jantung. Jika Anda mencari pengganti susu sapi atau susu dalam kopi, gunakan sari beras yang mengandung sedikit tambahan gula.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90